Selasa, 04 April 2023

Kejarlah ilmu walau sampai ke negeri China

 Kejarlah ilmu walau sampai ke negeri China


Sebuah ungkapan yang berisi memberi semangat bagi kita semua yang tidk harus diterjemahkan secara litterjke atau kaku bahwa hanya ke negeri China, namun sejatinya adalah belajarlah walau ke tempat yang jauh dari tempat tinggalmu.

Belajar di tempat yang jauh dan bukan di tempat kita tinggal memberi banyak keuntungan, diantaranya kita bisa belajar adat istiadat/kebiasaan masyarakat setempat, memberikan wawasan baru bagi kita, mendapatkan teman baru dan yang paling utama mendapatkan ilmu yang mungkin secara esensi sama dengan ilmu yang bisa kita dapat di tempat/negara kita namun tentu ada penambahan-penambahan lain yang bisa menambah pengetahuan kita.

Jadi, janganlah takut untuk belajar di tempat atau di negara yang jauh dari negara kita. Karena sesungguhnya kita sudah diajarkan oleh nenek moyang kita bahwa kita adalah bangsa pelaut, penjelajah dunia yang selalu menjelajah di seluruh dunia. Kini saatnya kita terapkan ajaran nenek moyang kita tersebut sehingga kita bisa membuktikan bahwa bangsa kita adalah bangsa yang besar, yang mampu bersaing secara global sekaligus memberi manfaat bagi pembangunan bangsa dan negara kita. Ilmu yang kita peroleh, tentu ilmu yang positif, sangat berguna apabila bisa diterapkan di negara kita. SEMOGA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kecelakaan Lalu Lintas

    Ritual Mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri telah tuntas dilakukan dengan berbagai variasinya. Masyarakat yang mudik dengan mengguna...