Selasa, 26 September 2023

You Can’t Handle The Truth

 


 

Menarik untuk diulas ucapan dari Jack Nicholson yaitu "You can't handle the truth!" dari film.A Few Good Man atau ucapan Paul Newman dalam film The Verdict yang cukup melegenda dalam kalangan para penegak hukum. Kalimat singkat yang bisa diartikan secara bebas dengan kalimat “Kamu tidak bisa mengendalikan kebenaran” sebab bagaimanapun seseorang menyembunyikan kebenaran dengan berbagai macam dalih dan alibi, kebenaran akan tetap bisa menampakan wujudnya kepada khalayak.

 

Dalam kehidupan masyarakat kita yang mengedepankan penegakan hukum, kita mendapatkan beberapa contoh nyata, seperti kasus racun sianida yang dilakukan oleh Mirna dan yang terbaru kasus Ferdy Sambo. Kiranya kasus-kasus tersebut dapat menajadi pelajaran bagi kita, bahwa sepintar-pintarnya kita menyembunyikan sesuatu yang berbau busuk pasti akan tercium juga.

 

Kiranya adigium "You can't handle the truth!" dapat menjadi pegangan kita semua dalam hidup bermasyarakat. Sebab kehidupan dalam masyarakat akan damai, sejahtera, aman dan sentosa apabila didasarkan pada nilai-nilai kejujuran warganya tapa ada yang ditutup-tutupi.

 

Dan harus diingat bahwa, apabila kita jujur, kita akan dihormati oleh orang lain namun sekali kita berbuat atau berkata yang tidak jujur, maka tidak ada lagi orang yang akan percaya dengan kita. Semoga kita semua dapat mengambil pelajaran dari ungkapan singkat tersebut.

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kecelakaan Lalu Lintas

    Ritual Mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri telah tuntas dilakukan dengan berbagai variasinya. Masyarakat yang mudik dengan mengguna...