Senin, 27 Maret 2023

ANAK POLAH BAPA KEPRADAH (BAGIAN 2)

 

ANAK POLAH BAPA KEPRADAH (BAGIAN 2)

 

 

Saat ini juga banyak anak yang terlibat peredaran ilegal narkotika, baik sebagai pemakai maupun sebagai perantara jual beli ilegal narkotika. Kasus terbaru adalah terungkapnya anak seorang artis wanita sebagai penyuplai narkotika jenis sabu dan masih banyak lagi kasus anak yang terlibat tindak pidana lainnya.

 

Sebagaimana kita telah ketahui bersama bahwa banyak kejadian KLITHIH yang terjadi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Apa itu klithih? Mengutip Fenomena Klitih Sebagai Bentuk Kenakalan Remaja Dalam Perspektif Budaya Hukum di Kota Yogyakarta tulisan Pamungkas (2018), dalam Bahasa Jawa, klitih merupakan istilah yang merujuk pada kegiatan seseorang keluar rumah di malam hari tanpa tujuan yang jelas atau cari angin (https://kumparan.com/berita-hari-ini/apa-itu-klithih-kejahatan-jalanan-di-yogyakarta-yang-memakan-banyak-korban-1xpOVZXoZLS/2).

 

Lebih lanjut, disebutkan bahwa istilah klithih diadopsi oleh para remaja atau pelajar untuk menyebut kegiatan naik motor berombongan yang sering berujung pada tawuran antargeng motor.dan dalam konteks kenakalan remaja, klithih adalah istilah untuk menggambarkan tindak kekerasan jalanan yang dilakukan kalangan pemuda atau pelajar sehingga singkatnya, istilah klithih muncul untuk mengganti kata tawuran (https://kumparan.com/berita-hari-ini/apa-itu-klithih-kejahatan-jalanan-di-yogyakarta-yang-memakan-banyak-korban-1xpOVZXoZLS/2).

 

Pertanyaannya adalah, kenapa perilaku negatif tersebut bisa terjadi? Dalam pandangan kami banyak hal yang bisa menjadi penyebabnya, diantaranya :

1)    Kurangnya pengawasan dari orang tua, yaitu orangtua terlalu percaya akan kegiatan anak-anaknya sehingga tidak melakukan pengawasan terhadap segala perilaku anak-anaknya dan ketika terjadi penangkapan terhadap anaknya, orangtua tersebut baru mengetahuinya, bahkan seringkali justru menyalahkan aparat penegak hukum karena menangkap anaknya tanpa melakukan introspeksi diri kenapa anaknya ditangkap oleh pihak yang berwajib;

2)    Karena anak meniru perilaku orangtuanya, karena bagaimanapun orangtua adalah guru bagi anak-anaknya, apa yang dilakukan oleh orangtua adalah contoh bagi perilaku anak-anaknya, meskipun hal ini masih bisa diperdebatkan, namun yang sering terjadi adalah demikian. Orangtua yang berperilaku kasar baik ucapan maupun tindakannya pasti akan ditiru oleh anak-anaknya. Harus dibedakan antara ucapan yang keras dengan ucapan yang kasar, ucapan yang keras hanya sifatnya berbicara secara lantang sedangkan ucapan yang kasar seringkali diikuti dengan ucapan yang berfiat menghina, mencela atau merendahkan bahkan dengan ucapan yang mengeluarkan nama-nama binatang;

3)    Meniru perilaku yang didapat dalam pergaulan sehari-hari termasuk di sini adalah meniru apa yang dilihat, dibaca dan didengar dari media baik media elektronik, seperti televisi, radio, maupun dari media cetak seperti koran, majalah, tabloid bahkan dari media sosial yang sedang populer saat ini, seperti twitter, facebook, tiktok maupun media sejenisnya;

4)    Pengaruh lainnya yang sifatnya negatif yang didapat tanpa disaring terlebih dahulu.

 

Kemudian, apa yang didapat ketika seorang anak berperilaku negatif? Tidak lain adalah kerepotan yang didapatkan oleh orangtuanya. Setiap orangtua pasti akan melakukan apapun ketika anaknya ditangkap oleh pihak yang berwajib bahkan dengan melakukan hal yang negatif sekalipun, misalnya melakukan suap kepada pihak yang berwajib agar anaknya dikeluarkan atau diringankan hukumannya.

 

Disadari ataupun tidak, hal tersebut justru semakin merugikan sang anak karena terus diajarkan hal-hal yang tidak baik. Sebagai orangtua, sudah saatnya kita menyadari bahwa tugas sebagai orangtua sangat berat karena akan dipertanggungjawabkan baik di dunia dan di akhirat. Akhirnya, kita semua sebagai orangtua harus melakukan introspeksi diri apakah kita sudah melakukan perbuatan yang baik yang bisa dijadikan contoh bagi anak-anak kita. SEMOGA. (TAMAT).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kecelakaan Lalu Lintas

    Ritual Mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri telah tuntas dilakukan dengan berbagai variasinya. Masyarakat yang mudik dengan mengguna...