Senin, 27 Maret 2023

TANAH AIRKU

  

TANAH AIRKU

 

Jujur, kami pribadi selaku admin, selalu merinding bila mendengarkan lagu ini karena membayangkan betapa indahnya negeri kita, Indonesia. Negeri yang cantik tiada bandingannya di dunia, negeri yang subur makmur, hampir tanpa ada negeri lain yang dapat dibandingkan. Ibarat kata Abah Lala dalam lagunya, Ojo Dibandingke, mungkin itulah istilah yang tepat untuk menggambarkan negeri kita tercinta.

 

Secara pribadi, kami pernah menjelajah beberapa negara yang konon katanya indah mempesona. Thailand, yang kata orang mempunyai pantai bak di surgawi, nyatanya tidak ada apa-apanya jika dibandingkan pantai-pantai di Bali, bahkan sangat jauh bandingannya dengan pantai Mandalika di Lombok, begitu juga pantai-pantai lain di seluruh negeri Indonesia. Jangan bandingkan pantai dan laut di Thailand dengan keindahan Raja Ampat di Papua, bahkan dengan Bunakenpun, sangat jauh perbandingannya. Malaysia dan Singapura? Meskipun kata orang mereka maju secara tekhnologi, namun nyatanya tekhnologi di negara kita seperti kata iklan sepeda motor, Semakin Di Depan.

 

Bagaimana dengan Jepang atau Hongkong? Harus diakui secara kemajuan tekhnologi, Jepang masih di depan kita tapi berbicara keindahan negara, dapat diyakinkan bahwa Indonesia jauh lebih indah. Benar, bahwa di Jepang memiliki wisata Gunung Fuji yang akan diselimuti salju di waktu-waktu tertentu, tetapi jauh lebih banyak gunung di Indonesia yang memiliki kecantikan dan keindahan yang lebih dibandingkan gunung Fuji, tentu dengan ciri khasnya masing-masing. Hongkong? Di negara yang hanya seluas Jabodetabek itu jujur saja cukup kumuh di wilayah pemukimannya, meskipun sarana transportasi di Hongkong cukup membantu untuk berpindah tempat. Mereka mengandalkan Victoria Peak sebagai salah satu tujuan utama wisata Hongkong, namun bila dilihat di Indonesia, saat ini banyak tempat wisata pegunungan yang menawarkan berbagai keindahan alam yang dapat dinikmati.

 

Banyak orang mengatakan negara Turki / Turkiye adalah negara yang indah di Eropa, namun belum dapat dibandingkan dengan keindahan alam di Indonesia. Meskipun harus diakui bahwa Turki mempunyai peninggalan sejarah dari masa Eropa Abad Pertengahan yang ditandai dengan banyaknya bangunan istana / kastil dan bangunan tempat ibadah yang cukup indah, namun selain itu kiranya Indonesia masih lebih banyak memiliki tempat ibadah yang dapat dinikmati.

 

Hal-hal tersebut di atas, hanya berbicara mengenai keindahan alam maupun tempat wisata di negara-negara sebagaimana tersebut di atas, belum berbicara mengenai makanan atau masakan khas Indonesia yang sangat tidak bisa dibandingkan oleh makanan atau masakan negara lain. Sebut saja satu jenis makanan, yaitu Soto, ada yang bisa menyebutkan ada berapa banyak jenis soto yang ada di Indonesia? Tidak perlu jauh-jauh, di wilayah Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta saja, kita bisa menemukan Sauto di Tegal, Tauto di Pekalongan, Soto Semarangan, Soto Kudus, Soto Kwali di Solo, Soto Jogja, Sroto di wilayah Banyumas dan mungkin masih ada bentuk lain penamaan dari soto di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Apabila disebutkan dari Sabang samapi Merauke, mungkin saja ada ribuan jenis soto.

 

Bagaimana dengan sambal? Mungkin kita hanya bisa menyebutkan hanya beberapa jenis sambal yang ada di Indonesia, seperti sambal bawang, sambal jlantah (minyak bekas menggoreng), sambal matah, sambal krecek yang terbuat dari kulit sapi yang digoreng, sambal dabu-dabu dan masih banyak lagi jenis sambal yang ada di Indonesia.

 

Bagi para perokok, Indonesia adalah surganya tembakau, sebab di Indonesia terdapat banyak sekali jenis tembakau, belum lagi penjualan rokok hampir bisa dikatakan sangat bebas, demikian pula tempat untuk merokok, hampir dimanapun tempat boleh digunakan untuk merokok. Bagi yang tidak merokok? Di Indonesia banyak warung maupun warung makan yang buka 24 jam dengan berbagai jenis makanan ataupun minuman yang dijual dan harganyapun sangat murah dibandingkan apabila kita membeli makanan di luar negeri.

 

Di luar Indonesia, barangkali hanya Bar dan Pub yang buka 24 jam yang pastinya menjual makanan dan minuman dengan harga yang mahal. Bagaimana dengan Minimarket? Sangat jarang ditemukan toko atau minimarket yang buka 24 jam, demikian juga dengan warung makan, akan sangat sulit ditemui adanya warung makan yang buka 24 jam dan kalaupun ada yang buka hingga tengah malam, makanan yang dijual juga hanya berupa makanan ringan dan minuman ringan.

 

Masih banyak alasan lainnya yang bisa membuat kita rindu dengan negeri kita tercinta. Apapun kekurangannya, Indonesia tetaplah negeri kita yang harus kita sayangi dan kita bela dengan jiwa raga kita. Right or Wrong, it is my country. Jadilah pandu di negeri kita tercinta ini.

https://www.youtube.com/watch?v=SZ3pwKVpKEo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kecelakaan Lalu Lintas

    Ritual Mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri telah tuntas dilakukan dengan berbagai variasinya. Masyarakat yang mudik dengan mengguna...